Jual Bibit Pohon Saputangan

Tanaman Pohon Saputangan adalah pohon yang biasanya sering kita jumpai berasa disekitar lingkungan kita. Tanaman sapu tangan ini biasanya kita temui di tepi jalan, halaman depan rumah, pekarangan, dan tempat lainnya.

 Nama ilmiah dari tanaman saputangan ini adalah Maniltoa Grandiflora Scheff. Sedangkan dalam literasi berbahasa Inggris tanaman sapu tangan ini mempunyai nama Dove Tree, Ghost Tree, Handkerchief Tree. Menurut berbagai sumber terpecaya asal usul tanaman saputangan ini berasal dari negara Fiji. Persebaran tanaman saputangan ini berasal dari daerah Fiji, Indonesia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tonga, Amerika Serikat.

Jual Bibit Pohon Saputangan

Ciri fisik tanaman saputangan ini memiliki daun yang berwarna hijau dengan bunga berwarna putih. Fungsi dan kegunaan tanaman saputangan bagi beberapa masyarakat digunakan sebagai tanaman hias. Namun jarang sekali kita ketahui ternyata tanaman sapu tangan ini dapat juga digunakan sebagai obat herbal tanaman saputangan ini sangat ampuh dalam mengobati berbagai  macam-macam penyakit yang ada di tubuh manusia.

Tanaman saputangan merupakan salah satu tanaman yang masih dalam kategori keluarga tanaman polong-polongan (Fabaceae). Tanaman saputanagan  ini berupa tanaman pohon dengan ukuran tinggi hingga 5 sampai 20 meter.

Batang tanaman saputangan tegak, berbentuk agak bulat, bercabang ,impodial dan berwarna coklat. Akar tanaman saputangan termasuk akar tunggang, dan berwarna putih agak kecoklatan. Daun tanaman saputangan ini berdaun majemuk, dengan tulang daun yang menyirip, berbentuk lonjong, dengan tepi daun yang rata, ujung daun dan pangkal daun runcing.

Panjang daun tanaman saputangan berukuran kurang lebih 7-15 cm,  dengan lebar daun 3-9 cm, dan panjang tangkai daun berukuran antara 1-1,5 cm serta berwarna hijau pekat.

Bunga tanaman saputangan majemuk berbentuk malai dan letaknya pada belahan ketiak daun dan berada di ujung cabang tanaman. Bentuk tangkai bunga tanaman saputangan berbentuk bulat, dengan ukuran panjang 1-3 cm dan berwarna hijau. Kelopak bunga tanaman saputangan berbentuk seperti cawan, seludang bunga lonjong, mahkota bunga lepas dan berwarna agak kekuningan.

Jual Bibit Pohon Saputangan

KEUNIKAN

Pohon Saputangan atau Maniltoa granoiflora scheff merupakan tanaman hias yang dapat mengurangi polusi udara dengan cara menyerap polutan Karbon Monoksida (CO). Pada pohon ini daun mudanya sering muncul di ujung ranting , menggerombol, mekar serempak, menggantung mirip helaian saputangan, dapat tumbuh hingga 15 meter sehingga sangat cocok digunakan sebagai peneduh. Pohon yang masih kerabat dekat dengan anggota famili Papilionaceae ini memiliki banyak spesies dan terdiri dari beberapa genus, misalnya genus Maniltoa, Amherstia, Brownea  dan Saraca1). Jenis tanaman sapu tangan ini merupakan tumbuhan yang sangat banyak ditanam sebagai tanaman hias dan juga dimanfaatkan sebagai pohon peneduh di taman-taman adalah Maniltoa grandiflora atau G.gemmipara yang beasal dari Irian1).

Tanaman ini mempunyai percabangan rendah, tajuknya bulat melebar , berdaun lebat dengan bentuk yang tidak simetris dan bunganya berwarna putih. Karena keunikannya ini, tanaman pohon saputangan bisa jadi pilihan yang tepat untuk hiasan di pekarangan.

Kandungan

Bunga saputangan Di seluruh bagian tanaman seperti buah, daun, dan kulit pohonnya mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol. Buah nam-nam mengandung banyak vitamin C, sehingga rasanya masam saat masih muda. Tapi, rasa buah akan menjadi sedikit masam dan dominan manis saat matang.

Berikut ini adalah khasiat bunga saputangan bagi tubuh kita:

  1.      Meningkatkan kekebalan tubuh Vitamin C dalam buah ini merupakan antioksidan alami yang mampu menjaga imunitas dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit.
  2.      Mengobati gangguan terhadap organ pencernaan. Beberapa gangguan pecernaaan dapat diobati dengan minum rendaman kulit pohon saputangan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>