Manfaat Buah Manggis: Jaga Imun Hingg Atasi Kanker

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita raih di balik rasa manggis yang asam dan asam. Berbagai manfaat manggis adalah karena berbagai nutrisi penting yang dikandungnya.

Berbagai nutrisi terkandung dalam manggis, termasuk vitamin C, vitamin B2, asam folat, magnesium dan xanthones. Kandungan nutrisi manggis dipercaya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bahkan mencegah kanker.

Manfaat Buah Manggis: Jaga Imun Hingg Atasi Kanker

Manggis (Garcinia magostana) adalah buah tropis dari Asia Tenggara. Keuntungan manggis dikatakan diperoleh dari jus dan kulit buahnya.

Warna kulit manggis mengandung bahan aktif yang disebut xanthones. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan kuat.

Dalam tes laboratorium, ekstrak manggis menunjukkan sifat yang menjanjikan di dunia kesehatan. Dari menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri dan jamur hingga memperlambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Sedangkan kandungan vitamin dan mineral dalam manggis meliputi vitamin C, B9 (asam folat), B1 (tiamin), B2 (riboflavin), mangan, tembaga dan magnesium.

Manggis juga memiliki beberapa antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang menetralisir kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh dan dapat mempengaruhi terjadinya berbagai jenis penyakit kronis.

Selain vitamin C dan asam folat, antioksidan xanthone dalam manggis dikatakan memiliki banyak manfaat. Misalnya, sebagai agen antiinflamasi, anti kanker dan anti penuaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi asumsi ini.

Manfaat manggis bagi kesehatan

Manggis dengan vitamin, mineral, dan antioksidannya diyakini memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Membantu Anda menurunkan berat badan

Dalam industri kebugaran, manfaat manggis yang paling banyak diiklankan adalah potensi untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Bahkan, ada penyelidikan kecil tentang efek manggis terhadap berat badan. Penelitian ini memakan waktu delapan minggu, dengan peserta yang mengonsumsi jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apa manfaat manggis bagi orang yang kelebihan berat badan, apa efeknya pada metabolisme lemak dan bagaimana manfaat menghilangkan manggis dapat digunakan dalam program penurunan berat badan yang efektif.

2. Dapat mengontrol kadar gula darah

Sebuah penelitian terhadap wanita gemuk sebagai partisipan menyimpulkan bahwa pemberian harian 400 mg suplemen ekstrak manggis memiliki dampak signifikan pada pengurangan resistensi insulin.

Manggis adalah sumber serat yang baik dan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan lebih baik mengendalikan risiko diabetes pada orang dengan faktor risiko.

3. Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan serat dalam manggis adalah faktor penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang baik.

Serat makanan sangat berguna untuk kelangsungan hidup bakteri baik selama pencernaan, yang juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dibutuhkan agar sel-sel kekebalan tubuh sendiri dapat bekerja secara optimal melawan penyakit.

Antioksidan pada manggis juga dipercaya memiliki fungsi antibakteri, sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri.

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

Sebuah penelitian kecil dilakukan selama tiga bulan dengan memberikan peserta 100 mg ekstrak manggis setiap hari. Hasilnya adalah bahwa para peserta mengalami peningkatan elastisitas kulit dan penurunan koneksi, yang menyebabkan penuaan dini.

Para peneliti menduga bahwa kandungan antioksidan manggis dan efek anti-inflamasinya adalah faktor yang mempengaruhi efek perlindungan kulit dan anti penuaan.

Meskipun berbagai manfaat dari manggis di atas tampak luar biasa, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan akurasinya. Karena itu, konsumsi manggis tidak boleh terlalu tinggi dan berkonsultasi dengan dokter untuk penyakit tertentu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>